Proses Pengolahan Susu Kambing Bubuk

Pada umumnya susu yang dipasarkan kepada konsumen biasanya dikemas dalam bentuk cair dan juga bubuk. Begitupun dengan penjualan susu kambing. Susu kambing bubuk memiliki peminat lebih banyak karena dapat disimpan dan dikonsumsi dalam kurun waktu yang lebih lama.

Adapun prinsip pembuatan serta pengolahan susu kambing etawa bubuk ini adalah dengan melakukan penguapan kandungan air sebanyak mungkin, dengan melalui cara pemanasan atau pengeringan. Hal ini dilakukan agar bisa menghasilkan susu bubuk yang lebih berkualitas.

Sedangkan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pembuatan susu kambing etawa bubuk ini ialah dengan cara perlakuan pendahuluan, pemanasan pendahuluan, pengeringan, dan selanjutnya dilakukan pengepakan. Pada saat perlakuan pendahuluan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan, diantaranya ialah tahap penyaringan, tahap separasi, dan terakhir standarisasi.Proses Pengolahan Susu

Penyaringan ini bertujuan untuk memisahkan benda-benda asing yang terdapat pada susu seperti misalnya pasir, debu, bulu, dan lain sebagainya. Adapun separasi dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan susu skim dan krim. Hal ini dilakukan terutama jika ingin membuat bubuk skim atau bubuk krim secara khusus.

Selanjutnya tahap pemanasan pendahuluan dilakukan untuk menguapkan sebagian air yang terkandung di dalam susu, sehingga mencapai kadar sekitar 45 % hingga 50 % saja. Tahap pemanasan pendahuluan ini dilakukan dengan menggunakan alat yang bernama evaporator. Sedangkan untuk memanaskan, harus menggunakan udara dengan suhu kurang lebih sekitar 65-177o C, menyesuaikan jenis produk.

Proses standarisasi dilakukan dengan tujuan agar susu memiliki komposisi yang sama. Susu yang diperoleh dari beberapa peternak yang berbeda-beda dicampur dengan menggunakan homogen. Pencampuran ini dilakukan dengan mengaduk atau bisa juga dilakukan dengan cara menuang susu dari satu wadah ke wadah yang lain.

Nah.. selanjutnya pada proses pengeringan, terdapat dua macam alat yang bisa digunakan, alat tersebut ialah drum dryer (silindris) dan semprotan. Setelah semua tahap dilakukan, maka tahap terakhir yang harus dilakukan yaitu tahap pengepakan.

Susu kambing etawa bubuk ini terdiri dari beberapa macam, diantaranya ialah:

  1. Susu penuh, merupakan susu kambing etawa bubuk yang terbuat dari susu segar dan tidak melalui proses separasi sehingga menghasilkan susu dengan kadar lemak sebesar 26% dan kadar air sebanyak 5%
  2. Susu bubuk skim yang mengandung protein lebih banyak. Susu ini terbuat dari susu skim yang memiliki kadar 5%.
  3. Susu bubuk krim atau bisa disebut susu mentega yang terbuat dari krim dan memiliki kandungan lemak yang lebih banyak

Susu bubuk whey, susu bubuk instant, susu bubuk coklat, dan lain sebagainya yang  merupakan susu kambing bubuk organik dengan menggunakan pemanis alami yaitu gula jagung yang membuat susu bisa lebih tahan lama serta menghilangkan aroma prengus. Baca juga manfaat susu kambing etawa untuk ibu hamil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s